Home Live Style 6 Agama Yang Diakui Di Indonesia Saat Ini

6 Agama Yang Diakui Di Indonesia Saat Ini

97
0

Agama Yang Diakui Di Indonesia – Sebelum manusia mengenal tuhan, nenek moyang kita sewaktu dulu banyak sekali menganut kepercayaan yang mulai sekarang sudah banyak ditinggalkan oleh banyak orang.

Kepercayaan tersebut pihak peneliti sejarawan menyebutnya dengan kepercayaan Aninisme dan Dinanisme. mungkin bahasa tersebut masih sangat asing di ruang lingkup kita bagaimana tidak, bahwa kepercayaan tersebut berasal dari bahasa latin.

Kali ini kita akan mengenal 6 agama yang hanya diakui di indonesia setelah era reformasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. dimana ajaran tersebut mengenal dan mendekatkan diri kepada Tuhan dan menghindari beberapa larangannya.

1. Agama Islam

Bulan Sabit Islam
Lambang Bulan Sabit Islam

Pertama, agama yang satu ini hampir mendominasi di Indonesia dengan jumlah penganut sekitar 210 juta jiwa lebih dengan kitap suci Al-Qur’an yang berasal dari Arab Saudi tahun 611 masehi saat pertama kali wahyu diturunkan kepada rasul yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira.

Kedatangan agama Islam di Indonesia sendiri, pertama kali sejarahnya berasal dari pedagang asal Arab Saudi pada abab ke 7 masehi untuk menjalin hubungan dan saling menukar ilmu pengetahuan dan salah satunya adalah ajaran agama Islam.

Tempat suci yang berguna mendekatkan diri dengan tuhan agama Islam adalah Masjid. dengan hari-hari besar keagamaan mulai dari Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijrah, dan Isra’ Mi’raj yang harus dirayakan oleh umat Muslim.

2. Agama Kristen Protestan

Salib Kristen Protestan
Lambang Salib Kristen Protestan

Kedua, dengan jumlah penganut sekitar 17 juta jiwa, agama kristen Protestan waktu masuknya di Indonesia diperkenalkan oleh bangsa Belanda yang tidak sengaja singgah di Indonesia demi alasan mencari perdagangan rempah-rempah di Maluku.

Kemudian ajaran tersebut mulai dipelajari oleh penduduk lokal di Maluku dengan kitap suci Alkitab. dan hasilnya banyak sekali tokoh agama Kristen Protestan menyebar-luaskan hingga seluruh pelosok tanah air.

Banyak sekali umat agama kristen Protestan yang merayakan hari besarnya di tempat suci Gereja seperti pada hari besar Natal, Jumat Agung, Paskah, dan Kenaikan Isa Almasih.

3. Agama Katolik

Salib Katolik
Lambang Salib Katolik

Ketiga, agama Katolik juga mengajarkan kitap suci yang sama dengan Kristen Protestan yakni Alkitab. di Indonesia sendiri, penganut umat Katolik setidaknya lebih dari 7 juta jiwa yang mayoritas di anut di Maluku dan Flores, dan NTT.

Proses kedatangan agama Katolik di Indonesia adalah perkembangan dari tukar ilmu hingga budaya yang dilakukan oleh bangsa portugis dengan Indonesia. nama kitap suci dari agama ini juga sama seperti agama Kristen Protestan yakni Aliktab.

Hari-hari besar yang wajib dirayakan oleh setiap umat Katolik adalah hari Natal, Jumat Agung, Paskah, dan Kenaikan Isa Almasih yang biasanya dipimpin oleh Romo/ Uskup/ Paus pada waktu merayakan ibadah di Gereja.

4. Agama Hindu

Swastika Hindu
Lambang Swastika Hindu

Keempat, agama ini merupakan yang tertua di Dunia yang bermula sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau 1000 tahun sebelum masehi yang menganut ajaran Kebenaran Abadi dan Pengetahuan Kebenaran dari kelanjutan agama Weda (Brahmanisme) yang berasal dari India yang mengenal sistem kasta.

Kedatangan agama Hindu di Indonesia, pertama kali dperkenalkan oleh para brahmana tepatnya abab ke 15 pada waktu reruntuhnya kerajaan majapahit. Mayoritas penganut umat Hindu, sebagian besar di anut di pulau Bali dan juga di anut oleh sebagian kecil penduduk di pulau Jawa dan Lombok dengan total penganut sekitar 4 juta jiwa.

Nama kitap suci dari Agama Hindu adalah Weda yang berbahasa Sansekerta. pada waktu upacara keagamaan, biasanya dipimpin oleh Pandida di Pura dengan hari besarnya Siwaratri, Galungan, Kuningan, Saraswati, Pagerwesi, dan Nyepi.

5. Agama Buddha

Dharmacakra Buddha
Lambang Dharmacakra Buddha

Keempat, proses dikenalnya agama Buddha di Indonesia, pertama kali di perkenalkan oleh kerajaan sriwijaya hingga kerajaan yang bercorak buddha yang dikenal melalui tukar ilmu budaya pada saat perdagangan jalur laut sekitar awal abab pertama.

Agama ini, perkiraan sejak di anut oleh umat buddha sekitar abab ke 5 SM yang diajarkan oleh tokoh historis Buddha Siddharta Gautama yang merupakan anak raja yang bernama Kapilavastu di kerajaan Magadha.

Jumlah penduduk Indonesia, setidaknya lebih dari 2 juta jiwa telah menganut agama Buddha. kitab suci yang diajarkan oleh agama Buddha adalah Tri Pitaka. biasanya, umat Buddha telah merayakan hari besar Waisak, Asadha, dan Kathina di tempat suci Wihara yang upacaranya dipimpin oleh seorang Bhiksu.

6. Agama Kong Hu Cu

Yin Yang Kong Hu Cu
Lambang Yin Yang Kong Hu Cu

Terakhir, agama Kong Hu Cu sendiri bermula dari ajaran seorang guru yang bijak dan juga filsuf sosial Tiongkok. Kong Hu Cu adalah putra dari bungsu Shu Liang He dan Yan Zheng Zai yang dilahirkan pada tanggal 27 September 551 SM di Negara Lu, Kota Zou Yi, Desa Chang Ping di lembah Kong Song (kini Qu Fu, Provinsi Shandong).

Proses masuknya agama Kong Hucu di Indonesia adalah sebagai agama keluarga dengan kitab suci Si Shu Wu Ching yang dibarengi dengan datangnya komunitas Konfusian dan juga tentara Tar-Tar yang dikirim untuk menghukum raja Kertanegara.

Umat Kong Hu Cu biasanya beribadah di tempat suci bernama Klenteng yang dipimpin oleh Jiao Sheng, Wen Shi, Xue Shi, dan Zhang Lao. jumlah penganut agama Kong Hu Cu di Indonesia berjumlah sekitar 120 ribu jiwa dengan hari perayaan hari besarnya Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here