Cara Jual Beli Rumah Yang Benar Dan Aman

Di Properti

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips rumah dijual di surabaya yang benar. Memiliki rumah merupakan salah satu kebutuhan primer untuk setiap orang.

Namun, melakukan proses jual beli rumah ternyata tidak semudah seperti proses jual beli kendaraan bermotor ataupun logam mulia. Ada berbagai persyaratan serta prosedur yang harus dipahami supaya proses kepemilikan rumah bisa berjalan dengan lancar.

Tips dan Cara Jual Beli Rumah yang Benar

Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sebelum anda melakukan proses jual beli rumah. Berikut ini adalah beberapa persyaratan dan cara jual beli rumah yang benar:

  1. Mendatangi kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akte Tanah)
    Saat anda berencana untuk melakukan proses dari jual beli rumah, cara jual beli rumah yang benar pertama yang harus anda lakukan adalah untuk mendatangi kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akte Tanah) didaerah anda.
  2. Menyerahkan Sertifikat Rumah Ke Kantor PPAT
    Kantor PPAT yang membantu dalam pengurusan jual beli rumah ini akan mengirimkan sertifikat rumah yang akan diperjual belikan ke BPN (Badan Pertanahan Nasional). Hal ini dilakukan supaya BPN dapat memastikan jika rumah yang diperjualbelikan tidak dalam keadaan sengketa hukum, proses penyitaan ataupun blokir.
  3. Penyerahan Berkas-berkas Lainnya pada Kantor PPAT
    Selain sertifikat rumah, berkas-berkas lainnya yang harus diserahkan sebagai syarat untuk jual beli rumah adalah :a. Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) tahun terakhir beserta bukti pembayaran

    b. Fotokopi KTP dan KK suami dan istri (jika sudah menikah)

    c. Fotokopi surat nikah (jika sudah menikah)

    d. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

    e. Fotokopi surat kematian (jika pemilik rumah sudah meninggal)

    f. Fotokopi surat keterangan ahli waris yang sudah dilegalisir (jika pemilik rumah sudah meninggal)

    g. Izin Mendirikan Bangunan (IMB), denah serta berbagai surat-surat keterangan lainnya yang terkait dengan rumah yang sedang diperjualbelikan

Cara Jual Beli Rumah yang Benar dan Tepat

Setelah semua kelengkapan surat tersebut diatas sudah diperiksa dan siap serta biaya untuk pembuatan AJB telah dilunasi, maka pihak penjual dan juga pembeli dapat segera menandatangani akte unruk jual beli yang didampingi oleh 2 orang saksi.

Setelah menandatangai AJB, pihak pembeli dapat segera melakukan proses balik nama sertifikat yang dibantu oleh kantor PPAT. Demikianlah cara jual beli rumah yang benar yang bisa anda lakukan.

loading...
author
Penulis: 
Halo semua saya adalah penulis newbie selaku admin Cara Terbaru Indonesia yang masih banyak belajar semoga tentang apa yang telah saya tulis bisa memberikan manfaat.
3 Cara Jual Beli Rumah Tanpa Modal Praktis!
3 Cara Jual Beli Rumah Tanpa Modal Praktis!
Banyak tips rumah dijual di depok tanpa
Prosedur Jual Beli Rumah Warisan
Prosedur Jual Beli Rumah Warisan
Menjual dan membeli rumah warisan itu sangat
Rumah di Jual Model Minimalis
Rumah di Jual Model Minimalis
Zaman yang serba moder ini menuntut kita
Rumah dijual Desain Minimalis
Rumah dijual Desain Minimalis
Banyaknya Rumah di Jual di surabaya dengan

Tinggalkan pesan

Baca Juga×

Top