Cara Upload Theme WordPress & Install WordPress Plugin

WordPress di desain unik dengan bahasa pemprograman berbasis php yang terbagi menjadi beberapa bagian yang selalu berkaitan satu sama lain jika fungsi tersebut ada sedikit kesalahan dalam editing pasti blog wordpress akan mengalami eror dan tidak dapat di jalankan jadi tingkat ketelitian haruslah terjaga.

WordPress sendiri terpecah menjadi 2 bagian yaitu jenisĀ gratis dan self hosting adapun kedua layanan tersebut dapat anda gunakan secara gratis dan berbayar. Dalam tutorial ini saya akan memberikan petunjuk mengenai cara upload theme wordpress dan install plugin wordpress adapun kejelasannya sebagai berikut ini.

Cara Upload Template WordPress

Untuk dapat mengganti template wordpress ada pengaturannya sendiri yaitu bisa melalui dashboard admin dan pada cpanel hosting anda dan kedua cara tersebut saya rasa cukup mudah mungkin anda ingin upload template wordpress hasil download agar terinstal pada blog yang anda kelola karena tidak tahu caranya pastinya anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan langkah ini.

Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk upload dan instal template wp untuk blog anda semoga dapat mengganti template wordpress pada blog anda.

Melalui Dashboard Admin

Langkah ini menurut saya yang paling mudah yang dapat anda lakukan untuk upload theme wordpress hasil download melalui dashboard admin dan untuk petunjuknya pada Appearance => Themes => Add New => Upload Themes => Browses => Install Now.

Template wordpress yang akan di upload harus dalam bentuk berkas zip selain itu tidak bisa jadi apabila masih dalam folder silahkan ekstrak dahulu menggunakan winrar atau winzip.

Fitur upload theme wordpress melalui dashboard admin tidak tersedia jika anda menginstal wordpress dengan softaculous saya rasa tidak di sediakan dan untuk cara menguploadnya lewat cpanel hosting milik anda.

Lewat Cpanel Hosting

Apabila anda ingin upload template melalui cpanel langkah yang harus anda lakukan ialah masuk terlebih dahulu pada akun cpanel hosting anda setelah cari menu file manager dan buka jika sudah cari folder public_html => wp-content => Themes upload semua template blog wp anda hasil download pada folder “Themes”.

Jika sudah selesai silahkan ekstrak template pada folder .zip hingga menjadi folder untuk lebih jelas lihat petunjuk gambar tutorial cara ekstrak berkas zip menjadi sebuah folder.
cara ekstrak berkas zip mejadi folder

Selanjutnya akan muncul konfirmasi ekstrak berkas zip menjadi folder silahkan konfirmasi dengan extract file.

Apabila template sudah menjadi folder di atas itu tandanya sudah selesai dan selanjutnya agar template terpasang pada blog, anda harus melakukan instalasi yang letaknya pada Appearance => Themes silahkan klik.

jika hasil template yang anda upload sudah berada ada pada pengaturan tersebut anda tinggal mengaktifkan saja melalui dashboard admin.

Cara Install plugin WordPress

Sedangkan pada installasi plugin hasil download dapat melalui dua cara paling mudah yang dapat anda lakukan bisa lewat dashboad admin dan cpanel yang letaknya pada file manager hosting anda.

Berikut cara melakukan upload plugin yang bisa anda lakukan pilih salah satu saja yang menurut anda paling mudah kalau saya biasanya langsung pada dashboard admin yang letaknya pada menu plugins.

Dengan Menu Plugins

Jika anda menggunakan cara ini mungkin anda sudah bisa sendiri karena anda tinggal upload plugin yang anda download tadi pada Plugins => Add New => Upload Plugin => Browse => Install Now.

Apabila sudah anda tinggal mengaktifkan plugin tersebut dan melakukan beberapa settingan dari plugin itu sendiri hingga plugin yang telah anda upload sudah sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Lewat Cpanel

Cara ini merupakan alternatif apabila anda sedang membuka cpanel hosting anda dan saya rasa proses uploadnya sama dengan pada cara upload template wp melalui cpanel cuma target folder pada plugin letaknya pada folder public_html/wp-content => plugins dan letakkan atau upload plugin yang hendak anda pasang pada blog wp kemudian ekstrak berkas zip menjadi folder.

Setelah anda sudah upload plugin pada cpanel anda tinggal mengaktifkan saja melalui pengaturan plugin yang anda upload tadi pada cpanel.

Dari kedua cara di atas semoga dapat membantu anda untuk cara upload theme dan juga cara instal plugin wordpress hasil download sehingga anda tidaklah kesulitan lagi untuk dapat upload plugin.

Cara Upload Theme WordPress & Install WordPress Plugin
1 (20%) 1 vote

loading...
Comments (2)
  1. healdia 5 Oktober, 2016
  2. Krisna Bara 8 Oktober, 2016

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *