Prosedur Jual Beli Rumah Warisan

Di Properti

Menjual dan membeli rumah warisan itu sangat penting dilakukan dengan cara yang tepat dan benar, karena warisan merupakan masalah utama yang bisa muncul dalam keluarga.

Dalam menjual property warisan dengan cara yang baik dan benar akan mengurangi potensi konflik yang biasa terjadi antarsesama keluarga, sehingga anda perlu mengetahui salah satu tips rumah dijual di jakarta khususnya untuk rumah warisan yakni semua prosedur semua harus dilengkapi sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya konflik.

Prosedur Jual Beli Rumah Warisan yang Tepat dan Benar

Setiap terjadi peristiwa kematian, dokumen yang harus dimiliki ialah:

loading...
  1. Surat kematian yang ditindak lanjuti dengan akta kematian
  2. Surat Keterangan Waris (penetapan Pengadilan Agama tentang ahli waris) sebagai sumber utama untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima waris.

Dalam menjual rumah warisan sebaiknya melalui beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Konsultasi dengan pihak berwenang seperti notaries, pengacara keluarga atau dari lembaga bantuan hukum. Tujuannya adalah bahwa dengan payung hukum, baik undang-undang Negara maupun agama proses penjualan rumah diharapkan tidak memicu konflik.
  2. Bermusyawarah dengan keluarga, sehingga bisa dicapai kata mufakat atas keputusan menjual rumah.
  3. Memenuhi persyaratan legalitas penjualan property waris seperti:- Data property seperti: sertifikat tanah, surat Izin Mendirikan Bangunan, Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan(SPPT PBB) 5 tahun terakhir, bukti pembayaran, jika memiliki hak tanggungan (hipotik) maka harus ada surat roya dari bank terkait.
    – Data penjual dan Pembeli: copy KTP suami istri, KK dan akta nikah, keterangan WNI atau ganti nama (bila ada untuk WNI Keturunan)
    – Ahli waris menyiapkan dokumen surat Keterangan ahli waris
  4. Melibatkan Perantara atau Agen Properti
  5. Dalam hal suami/istri yang namanya tercantum dalam sertifikat sudah meninggal dunia, maka yang melakukan jual beli tersebut adalah ahli warisnya.

Yang perlu di ingat, seluruh ahli waris harus hadir dan menandatangani AJB (Akta Jual Beli) jika berhalangan maka dapat memberikan kuasa tertulis pada salah satu ahli waris lain, baik dalam bentuk akta notaries maupun kuada di bawah tangan yang bermaterai cukup dan dilegalisasi oleh Notaris.

Demikian prosedur jual beli rumah warisan, semoga bermanfaat ☺

loading...
author
Penulis: 
Halo semua saya adalah penulis newbie yang masih banyak belajar semoga tentang apa yang telah saya tulis bisa memberikan manfaat.
3 Cara Jual Beli Rumah Tanpa Modal Praktis!
3 Cara Jual Beli Rumah Tanpa Modal Praktis!
Banyak tips rumah dijual di depok tanpa
Cara Jual Beli Rumah Yang Benar Dan Aman
Cara Jual Beli Rumah Yang Benar Dan Aman
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips
Rumah di Jual Model Minimalis
Rumah di Jual Model Minimalis
Zaman yang serba moder ini menuntut kita
Rumah dijual Desain Minimalis
Rumah dijual Desain Minimalis
Banyaknya Rumah di Jual di surabaya dengan

Tinggalkan pesan


Top