Tips Jitu Jadikan Internet Ramah untuk Anak

Di Tips Trik

Bagi orang tua memberikan gadget kepada anak bisa jadi dilema luar biasa. Jika buah hati diberi gadget takut kebablasan, kecanduan, dan disalah gunakan. Namun, bila tidak diberi anak-anak bisa ketinggalan informasi, ‘gaptek’, kurang pergaulan, ribet untuk berkomunikasi, dan sebagainya. Ya, ini sudah zaman teknologi canggih yang apa-apa tidak bisa lepas dari internet atau aktivitas online.

Tips jitu jadikan internet ramah untuk anak

Sumber: Dailysocial.id


Sisi positif dan negatif dari internet tergolong imbang untuk anak-anak. Jadi orang tua perlu paham, selektif, dan melakukan pengawasan terhadap anak yang memakai gadget. Tidak cukup jika hanya sekadar memberikan smartphone atau tablet yang lengkap dengan paket internet. Ayah dan bunda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:

Waktu dan Area Menggunakan Gadget

Dua hal ini penting untuk menghindari anak-anak kecanduan gadget dan memudahkan orang tua melakukan pengawasan. Tetapkan kapan waktu boleh dan dilarang memakai gadget saat di rumah. Misalnya, dilarang bermain atau menggunakan gadget ketika makan. Orang tua juga bisa membiasakan anak-anak untuk tidak meletakkan gadget dekat tempat tidur, demi kesehatan.

Selain itu, pastikan anak-anak memakai gadget di area yang mudah orang tua awasi. Misalnya di ruang tengah atau area umum lainnya di dalam rumah. Penentuan area ini bisa Cara ini cukup membantu mengawasi anak-anak, agar tidak membuka informasi, aplikasi, dan sebagainya, yang bersifat negatif. Misalnya, secara sengaja atau tak sengaja anak-anak mengakses situs dewasa. Satu hal yang membutuhkan bimbingan dan pengarahan orang tua, agar tidak kebablasan.

Rutin Melakukan Pengecekan pada Gadget yang Digunakan oleh Anak

Orang tua bisa mengecek secara berkala history pecarian yang dibuka anak di gadget. Pastikan gadget anak memiliki pulsa atau koneksi internet, lalu cek history pencarian, email, dan akun jejaring sosialnya. Ada baiknya orang tua juga mengenal teman dekat yang sering berkomunikasi di chat atau jejaring sosial anak.

Mungkin terkesan over-protective, namun ini demi kebaikan dan tumbuh kembang buah hati sendiri. Cara ini bukan hanya untuk pengawasan, tapi juga mengenal lebih jauh tentang apa yang disukai oleh buah hati. Ini bisa jadi cara untuk menjalin komunikasi yang baik dan berteman dengan anak-anak. Contohnya orang tua merekomendasikan situs yang tepat dan disukai oleh mereka.

Gunakan Software yang Bisa Menyaring Konten di Gadget Anak

Orang tua tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam, termasuk dalam penggunaan gadget. Untuk itu, coba gunakan software yang memiliki fungsi menyaring atau memblokir konten-konten negatif. Konten-konten yang dinilai berbahaya tidak akan bisa diakses dengan bantuan perangkat lunak ini.

Beberapa software yang bisa jadi pilihan seperti Qustudio Free, K9 Web Protection, Kuripura Web Filter, dan sebagainya. Dengan hanya bermodalkan paket internet, software tersebut bisa diunduh gratis. Selain menyaring konten, software itu juga memiliki fungsi mengatur jam akses internet hingga durasi penggunaan.

Informasi detail mengenai software bisa dicari di search engine Google. Jika kehabisan kuota saat browsing, ayah dan bunda tak perlu cemas karena sudah banyak gerai online seperti Traveloka. Kita bisa membeli saldo atau kuota kapan pun dan di mana pun dengan cepat, mudah, dan hemat.

Buat Kesepakatan Penggunaan Gadget dengan Anak

Adakalanya pengawasan berlebih membuat anak tidak nyaman dan mengganggu keharmonisan keluarga. Untuk itu, coba orang tua membuat kesepakatan dengan buah hati tentang penggunaan gadget. Sampaikan apa yang boleh dan tidak boleh, ketika memakai internet. Serta sanksi bila melanggar kesepakatan. Sampaikan kesepakatan ini dengan baik dan berikan kepercayaan pada anak kemudian.

Untuk membuat kesepakatan lebih nyaman dan menyenangkan untuk anak, serta orang tua, coba gunakan cara-cara seru. Misalnya, ajak anak-anak berdiskusi tentang apa yang sedang jadi perhatiannya saat ini. Ayah dan bunda pun bisa memberikan reward, bila buah hati memenuhi kesepakatan atau melakukan challange yang diberikan.

Batasan Kuota untuk Online

Saat ini zamannya internet cepat dan kerap disebut 4G. Internet yang cenderung menguras kuota data dan berakibat pemborosan penggunaan internet. Untuk itu, penting membatasi sebanyak apa kuota yang diberikan pada anak setiap bulan.

Misalnya untuk pengguna perdana dari Telkomsel. Orang tua bisa ikut ambil andil dalam mendaftarkan paket data yang sesuai kebutuhan buah hati. Buka link ini untuk melihat daftar paket internet Telkomsel. Kuota tersebut hanya diisi sekali sebulan, agar mereka bisa berhemat dan tidak berlebihan.

Intinya, jangan biarkan buah hati menggunakan gadget terlalu bebas. Namun, orang tua juga sebaiknya tidak terlalu keras dan ketat dalam pengawasan. Pengawasan yang baik ialah yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada orang tua, maupun anak-anak.

Kita bisa berteman dengan anak-anak, melakukan tantangan-tantangan yang seru, dan cara fun lain, untuk membuat internet lebih ramah untuk anak-anak. Pastikan buah hati mengakses internet sehat dan sesuai usianya. Serta mendapatkan bimbingan untuk konten-konten yang belum waktunya diakses oleh mereka. Semoga bermanfaat!

author
Penulis: 
Halo semua saya adalah penulis newbie yang masih banyak belajar semoga tentang apa yang telah saya tulis bisa memberikan manfaat.
Cara Screenshot Di Laptop Windows 7, 8 Dan 10
Cara Screenshot Di Laptop Windows 7, 8 Dan 10
Cara Screenshot Di Laptop, Bagaimana sih supaya kita
Cara ScreenShot Di Komputer PC Layar Windows 7
Cara ScreenShot Di Komputer PC Layar Windows 7
Cara ScreenShot Di Komputer PC – Berikut
Cara Membuat Paypal Dengan Rekening Bank Indonesia
Cara Membuat Paypal Dengan Rekening Bank Indonesia
Cara Membuat Paypal Dengan Rekening Bank indonesia, hal

Tinggalkan pesan


Top